Monday, October 3, 2011

Tentang Perjalanan Sawo Kecik

Hai haiii ... disela-sela kesibukan yang mendera-dera ... saya sempatkan diri untuk posting cerita tentang SawoKecik yang muncul di Tobucil ...

Walaupun terlambat, mohon ma'af ... saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Tobucil, Tarlen dan Nunuw atas chit chat dan tulisannya yang baik ... hehe ...

Tentang Perjalanan Sawo Kecik

Ketika rutinitas sudah terlalu menjemukan, seringkali harapan dan realitas memang kerap sulit untuk bersahabat. Ini adalah cerita Sawo Kecik dan perempuan bernama Pimpi Syarley Naomi yang mencoba untuk melawan keseragaman mimpi. Ini adalah cerita tentang hakiki dari mimpi itu sebenar-benarnya. Aduh kok jadi serius banget, ya, bahasanya? Hahaha.. Sudah sudah, mari dinikmati kawan-kawan!

Kok namanya Sawo Kecik? buah sawo yang kecil maksudnya?
Sawo kecik itu sejenis buah sawo. Masih satu keluarga cuma buahnya warna merah dan kalo udah mateng trus digocek-gocek bunyi gitu "kecik-kecik" , makanya namanya sawo kecik, hehehe… Banyak terdapat di keraton solo dan jogja yang menurut kepercayaan mereka sebagai pohon pelindung.


Emang apa sih yang ingin kamu lindungi sampai menggunakan nama itu, hihi…
Aku berdarah Sumatera tapi nasib membawaku lahir dan besar di tanah Jawa… Sebenernya bukan itu sih alasannya, hahaha… Jadi waktu itu ceritanya sempet galau gak karuan dalam proses mencari jati diri. Pengen jadi crafter atau tetep jadi karyawan kantoran. Diriku yang suka travelling sendirian, jalan-jalanlah ke kota solo. Ngeliat banyak pengrajin dan bahagia banget… Terus berkunjung ke keraton. Disana banyak tumbuh pohon yang sama dengan di keraton Jogja yang ternyata pohon Sawokecik .. Aku bertanya-tanya dong , ada apa dengan pohon ini, terus baca-baca ternyata pohon ini menyimpan filosofi yang cukup dahsyat .. Yaitu sebagai pelindung dan membawa kebaikan. Entah mengapa dari situ aku kayak nemu keyakinan untuk move on jadi crafter. Setelah melampaui banyak pertimbangan akhirnya aku memutuskan untuk resign dan memutuskan Sawo Kecik sebagai nama brand-ku. yang bisa memberi perlindungan khususnya untuk diriku dan membawa kebaikan untuk orang banyak.. Hehehe…

Beda-beda tipis dong ama aku, aku sih membawa kributan, sih, ahahaha. Hmmm… apa, sih, yang membuat kamu yakin dengan dunia craft? Ketenangan apa sebenarnya yang kamu lihat dari pengalaman "spiritual" ngeliat para pengrajin di Solo itu?
Aku percaya pekerjaan yang dikerjakannya pakai hati dari lubuk hati yang paling dalam pasti hasilnya akan baik dan bagus. Apapun itu pekerjaannya. Nah, seni kriya ini sebenernya udah melekat sama diriku tanpa aku sadari dari jalan TVRI masih berjaya, hahaha… Aku suka ngikutin ibu- ibu di tivi bikin kerajianan bunga dari tali rafia atau kertas krep waktu jaman aku kecil banget. Sampai kuliah pun aku ambil jurusan kriya. Berhubung lulus kuliah, kayak ada suatu kebanggan sendiri kalo' bisa kerja di kantoran desain begitu, ya sudahlah aku turut bergabung, tapi kok aku gak happy… Menclok kantor sana dan sini sampai akhirnya aku kerja diproduction house untuk iklan tv. Tetep gak happy. Dunia craft bener-bener aku tinggal. Terus… Aku, kan, ratu browsing, yah. Aku baca-baca Etsy tuh yang artikel "Quit Your Daily Job". Wah... Aku seperti menemukan pencerahan. Ternyata ada teman senasib. Mulai deh aku cari sana sini, seperti jalan ke Solo dan sempet ke Tobucil juga untuk meyakinkan diriku akan kecintaan aku pada dunia kriya. Akhirnya resign kerja… Setiap ketemu kain bermain-main dengan mesin jahit, ngobrol sama temen-temen crafter di dunia maya. Aku seperti menemukan dunia aku yang hilang.


Wow… Oh, ya. kenapa pilihannya membuat craft berupa kantong?
Karena aku pecinta kantong-kantong, hehe. Bentuk bisa tas, purse, pouch, atau dompet. Dan aku percaya semua manusia di dunia ini pasti butuh yang namanya kantong kantong. Sesuatu untuk menyimpan sesuatu.
Kamu sendiri dari kapan memulai Sawo Kecik? Menurut kamu, kans untuk pergerakan di dunia handmade gimana nih untuk sekarang?
Sawo Kecik dimulai sejak oktober 2009. Kalau menurut aku, kans pergerakan dunia handmade. Terbuka lebar buat para crafter yang berjuang keras dan konsisten yah. Asal kita tetep fokus, konsisten, dan kreatif pasti jaya, hehehe.

Hihi, balik lg ke kantong-kantong Sawo Kecik nih.. Kamu sendiri belajar membuat si kantong itu darimanakah gerangan?
Dari buku-buku craft. Dari Browsing juga. Emang pas pertama dulu, langsung gitu kepikiran, buat kantong, ahhhh, terus nyari bahan-bahan belajar, atau masih random aja gt nyari idenya awalnya. Aku cari-cari tutorial gitu. Eh, jadi nemu yang macem-macem. Ya udah aku kembangin deh bikin kantong ini dan itu, bikin tas lah, kantong sepatu lah, pouch organizer lah. Awalnya emang dari aku gak bisa jait sama sekali. Terus Belajar dan coba-coba sendiri aja.

Hehe, trakhir. Deskripsikan kata "handmade" dengan bahasa kamu…
Hmm... Handmade itu sesuatu yang dibuat dari hasil kerja tangan manusia .. Bukan mesin.yang datang dari hati, yang kemudian bisa memberikan banyak manfaat bagi kita semua…

http://sawo-kecik.blogspot.com/

(Nunuw)

4 comments:

dini capungmungil said...

haiiii.. perjalanan yang menyenangkan ya pimpi... jadi crafter itu memang bahagia ^^...

SawoKecik said...

bener banget Dini .... aku merasa lebih berarti sebagai manusia ... hehehe ...^^

Anonymous said...

hai hai hai salaam kenaaal, aku naminalina@yahoo.com, aku syuka sekali sama blog punya sawo kecik, aku juga suka bikin2 craft, damaiii banget rasanya kalo lg bikin2 sesuatu, serasa jadi diri sendiri yg seutuhnya. sekarang aku lagi bikin2 bros bunga, dan dikit2 dijualin di kantor, pengeen banget sharing lebih banyak tentang craft sama sawo kecik :)

SawoKecik said...

salam kenal juga ...

selamat datang di dunia craft yaah .... hehe

ayo semangat bikin-bikin terus .. jangan pernah menyerah ... :)

waaa aku seneng banget kalo' bisa berbagi ... feel free buat tanya-tanya apa aja tentang craft ...

boleh lewat email kok sawokecik@ymail.com

thank you Naminalina ... :D

Salam SawoKecik

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails