Saturday, October 22, 2011

Misteri Pohon Sawo Kecik

menemukan artikel ini dari Kompasiana .... aku cinta SawoKecik-kuuuu .... ^^

Misteri Pohon Sawo Kecik di Halaman Kedaton Keraton Surakarta

REP | 10 January 2011 | 17:36792 7 Nihil

1294655816135506700
pohon sawo kecik(koleksi pribadi)
Di halaman Kedaton Keraton Surakarta yang berpasir hitam konon dari pantai Selatan dan gunung Merapi, ditumbuhi berbagai pohon langka. Diantaranya 76 buah pohon sawo kecik ( Manilkara Kauki).
Sawo kecik disebut juga sebagai sawo jawa. Dalam bahasa inggris disebut sebagai Caqui dan Manilkara , di India disebut Khirni dan di Thailand disebut Lamut Sida atau Tamut Thai. Sedang dalam bahasa Latin disebut sebagai Manilkara Kauki.
Ciri ciri pohon sawo kecik ini, pohonnya bisa setinggi 25 m dan berdiameter sampai 100 cm. Daun daun sawo kecik mengelompok pada bagian ujung batang. Dibawah permukaan daun berwarna keputihan atau keperak perakan serta halus seperti beludru. Tangkai daun tidak menebal, panjang kelopak daun kurang lebih 7 mm.
Kuncup bunga sawo kecik berbentuk bulat telur. Buah sawo kecik berbentuk bulat telur atau bulat telur sungsang, berukuran sekitar 3,5-3,7 cm. Buah mempunyai kulit tipis, bila masak terasa manis agak sepat.


Filosopi sawo kecik, sering diidentikkan dengan sarwo becik ( Serba baik) . Diharapkan yang menanam dan yang mempunyai tanaman ini dirumahnya akan selalu mendapatkan kebaikan kebaikan. Buah pohon ini sangat digemari oleh putri putri keraton. Karena buah sawo kecik, merupakan pengharum alami bagi para putri keraton. Bila memakan buah ini , keringat , nafas dan juga air seninya menjadi harum. Ternyata misteri sawo kecik selalu ada dilingkungan keraton karena berkhasiat sebagai pengharum alami. Sedangkan daunnya konon bermanfaat menurunkan kholesterol.

Selain manfaat diatas , pohon ini juga digunakan sebagai pohon peneduh halaman dan kayunya digunakan untuk kerajinan ukiran yang berharga mahal.

Klasifikasi Ilmiah;
Kingdom Palantae
Subkingdom Traceoobionta
Super Divisi Spermatophyta
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Sub kelas Dilleniidae
Ordo Ebenales
Famili Sapotaceae
Genus Manilkara
Species Manilkara Kauki

2 comments:

etikush said...

waaah... pengharum alami...
jadi pengen nanem, tapi apa daya halamannya kecil, mana rumahnya dempet-dempetan

SawoKecik said...

gak pa pa .. tanem yang kecil aja dulu ... ntar makin gede jadi adeeem .. hehe

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails