Skip to main content

SawoKecik SebarVirus 12 Agustus 2015 Desa Japara - Kuningan (Jawa Barat)

Haiii teman-teman yang manis yang selalu sehat ,bahagia dan maniiis ... hari Rabu tanggal 12 Agustus 2015 kami para penjahat SawoKecik mendapat kesempatan untuk SebarVirus di Kota Kuningan (Jawa Barat) tepatnya di sebuah Desa bernama Desa Japara.

Beberapa Minggu sebelum Bulan Puasa kami dihubungi oleh mbak Kanyaka yang mengenal SawoKecik dari Instagram .. hehe (thanks to Instagram) , mbak Kanyaka yang bekerja di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan , bermaksud mengundang SawoKecik untuk mengadakan Pelatihan Pengolahan Limbah di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Dalam rangka program Kabupaten Kuningan "Kegiatan Pembinaan dan Penumbuhan Industri Kecil Menengah , yang ditujukan kepada para Ibu-ibu.

Dengan senang hati kami terima undangan tersebut. Singkat cerita di tanggal 11 Agustus kami , saya dan suami berdua saja menuju kota Kuningan dengan menggunakan kereta api ... kami suka sekali menggunakan kereta api. Menggunakan Kereta Api di Indonesia bukanlah hal yang baru buat kami ... tapi kebijakan dan peraturan baru di PT. KAI ini membuat kami jadi "ndeso" ... hehe .



Sistem pembelian tiket yang mudah sampai stasiun kereta yang bersih ... waaah , kami jadi teringat waktu kita naik turun kereta selama berlibur di Jepang , kami berharap lambat laun sistem per-kereta apian di Indonesia bisa seperti Jepang ya ... amiiin.

Perjalanan lancar , karena belum ada kereta yang langsung sampai di kota Kuningan, kami harus menuju kota Cirebon terlebih dahulu , setelah makan siang Empal Gentong yang mantep .. hehe , kemudian menggunakan mobil travel selama 1 jam menuju Kuningan.  

Sampai di Kuningan ... hhhmm ... udaranya sungguh berbeda dengan kota Cirebon yang dekat laut dan panas .. kota Kuningan lebih sejuk terasa karena berada di dataran tinggi dan berada dikaki gunung Ciremai. Kami segera cek-in di Hotel Grand Purnama yang sudah dipesankan oleh mbak Kanyaka , sebuah hotel yang nyaman cocok bagi kita yang bepergian untuk bekerja.

Kami melewatkan hari yang menenangkan di Kota Kuningan yang sejuk .. sempat jalan-jalan sebentar untuk cari makan. 

Esok harinya adalah hari yang kami tunggu-tunggu , selesai sarapan dan Cek-Out hotel kami segera di jemput oleh mbak Kanyaka dan teman-teman dari  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan menuju Desa Japara tempat acara SebarVirus berlangsung. Perjalanan ditempuh dalam waktu setengah jam ... udara sejuk menyapa kami dan ibu - ibu di Aula Desa Japara sudah menanti kedatangan kami sambil duduk manis dan tertib .. hehe



Tanpa  berlama-lama kami langsung memberikan presentasi yang dimulai dari pengenalan pada SawoKecik , kenapa kami mengolah limbah sampai ke cara mengolah limbah rumah tangga. 50 orang Ibu ibu desa Japara yang berusia dari 20-50-an tahun tampak tekun mendengarkan presentasi kami.

Setelah presentasi dan cuap cuap soal pengolahan sampah,  kami mendemokan salah satu cara yang paling sederhana mengolah sampah kotak susu ... kali ini kami mendemokan membuat Dompet Sederhana. Dan kami mengajak 3 orang Ibu yang mau langsung mencoba ... yayy !! ke 3 ibu ini langsung tunjuk tangan maju kedepan . Senangnya semua ibu - ibu antusias memperhatikan  ketika kami mulai berdemo.Semoga tidak lupa dan segera dipraktekan .. hehe 



Alhamdulillah .. dimanapun SawoKecik menyebarkan virusnya selalu menimbulkan keseruan. Begitupun kehadiran kami di Desa Japara. Semoga Sebar Virus SawoKecik di Desa Japara memberikan banyak manfaat , memberikan inspirasi baru untuk ibu-ibu dan seluruh warga desa Japara. Semoga ibu-ibu desa Japara bisa semakin aktif mengolah limbah dan bisa memberi penghasilan tambahan sehingga tumbuh Industri-industri Kecil Menengah di Desa Japara nantinya  .. amiiin 


Terima kasih mbak Kanyaka .. kita baru ketemu kayak udah temen lama yaa , seru banget cerita-cerita , dan terima kasih juga rekan rekan  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan pada SawoKecik , sungguh senang kami bisa berbagi sedikit di Desa Japara , semoga memberikan banyak manfaat , dan semoga kita diberi kesempatan berbagi lagi dilain kesempatan di Desa yang lain lagi.. hehe ... blusukan itu menyenangkan ... yayy !!

Terima kasih untuk Instagram yang mempertemukan mbak Kanyaka dengan SawoKecik , inilah keuntungan kita bersosial media yang baik dan benar .. selain bisa menjalin tali silahturahmi , dapat teman baru , dapat banyak info , dapet kerjaan (hehe) , bisa juga berbagi dan memberikan manfaat ke banyak orang ... jadi ... sosial media itu sebaiknya kita gunakan untuk sharing hal-hal yang positif .. agar energi positifnya menular kemana-mana .. dan memberikan banyak manfaat , hati tenang serta senyum manis buat semua orang .... 

Have a nice Flowery day !! 

Salam Manis SawoKecik







Comments

Radit said…
makasih infona bermanfaat sekali

Popular posts from this blog

Sorry , No Longer Available (Discontinue) - Wedding Souvenir

Souvenir yang cinta bumi ini hadir lagiii .... lets go green my Friend ... (^-^)

Sorry , These Souvenirs are No Longer Available (Discontinue)
terima kasih yaaah Stay Clean .. and you will always happy and healthy salam manis sawokecik


Misteri Pohon Sawo Kecik

menemukan artikel ini dari Kompasiana .... aku cinta SawoKecik-kuuuu .... ^^
Misteri Pohon Sawo Kecik di Halaman Kedaton Keraton SurakartaREP | 10 January 2011 | 17:36792 7 Nihil
pohon sawo kecik(koleksi pribadi) Di halaman Kedaton Keraton Surakarta yang berpasir hitam konon dari pantai Selatan dan gunung Merapi, ditumbuhi berbagai pohon langka. Diantaranya 76 buah pohon sawo kecik ( Manilkara Kauki).
Sawo kecik disebut juga sebagai sawo jawa. Dalam bahasa inggris disebut sebagai Caqui dan Manilkara , di India disebut Khirni dan di Thailand disebut Lamut Sida atau Tamut Thai. Sedang dalam bahasa Latin disebut sebagai Manilkara Kauki.
Ciri ciri pohon sawo kecik ini, pohonnya bisa setinggi 25 m dan berdiameter sampai 100 cm. Daun daun sawo kecik mengelompok pada bagian ujung batang. Dibawah permukaan daun berwarna keputihan atau keperak perakan serta halus seperti beludru. Tangkai daun tidak menebal, panjang kelopak daun kurang lebih 7 mm.
Kuncup bunga sawo kecik berbentuk bulat telur. B…

Tutorial ... Kotak Susu Bekas menjadi Kotak Serbaguna

Masih ingat dengan postingan saya sebelumnya tentang Kotak Susu Bekas ? Kali ini saya ingin membuat tutorialnya .. agar teman-teman bisa turut membantu mengurangi sampah di bumi kita ...
langsung aja ..... Tutorialnya bisa di klik disini ....